Lingkungan Darmawisata Di Gunung Kidul Yang Setidaknya Terkenal

Posted on

Kabupaten Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang terdapat di area daerah kawasan eksklusif Yogyakarta. Gunung Kidul ini adalah kabupaten yang terdapat di sisi selatan serta berbatasan langsung atas laut selatan ataupun Samudera Pasifik. Gunung Kidul pula adalah kabupaten yang wilayahnya berwujud alun-alun tinggi. inilah boleh jadi yang membikin kabupaten ini diberinama Gunung Kidul. julukan Gunung Kidul seorang diri dalam bahasa Jawa berfaedah “Gunung di sisi Selatan”. Gunung Kidul ini adalah satu area kabupaten yang lagi alamiah serta masyarakatnya juga melimpah yang lagi berkarakter konservatif. Gunung Kidul pula adalah satu area yang lagi lekat atas budayanya. lagi melimpah sekali seremoni ataupun ritual- ritual konservatif yang acapkali diadakan di area kabupaten ini. Masyarakatnya juga pula lagi melimpah yang yakin pada hal- keadaan “klenik” ataupun misterius. akan tetapi dibalik itu segala, tahukah kamu kalau Gunung Kidul ini memiliki jamal alam yang amat mempesona?

berdiskusi hal jamal alam ataupun pandangan, Gunung Kidul ini memiliki melimpah sekali pandangan yang amat bagus. kondisi alamnya yang lagi alamiah membikin Gunung Kidul ini kelihatan asri serta sejuk bilang di penglihatan mata. area gunung Kidul pula adalah area yang adem karna lagi melimpah pepohonan yang ada di area ini. Ditambah lagi rupa alam yang melimpah ada perbukitan serta pula lautan alhasil menambahkan eloknya area gunung Kidul ini.

karna jamal pandangan yang terdapat di Gunung Kidul, membikin kabupaten ini jadi lekas sekali beken, lebih-lebih di kuping para traveler ataupun pelancong yang suka mengeksplor alam. melimpah sekali tempat- lingkungan alam yang menarik di Gunung Kidul ini. Tempat- lingkungan yang menarik ini bermacam- jenis rupanya, serupa pesisir, gunung ataupun busut, air turun, bengawan, goa, sampai bengawan bawah tanah. Gunung Kidul benar serupa adnan atas semua keindahannya. Tempat- lingkungan darmawisata ini bisa atas gampang anda temui walaupun sering-kali ajang yang anda lalui cukup curam serta menantang.

seperjalanan atas kemajuan dari durasi ke durasi, penguasa Kabupaten Gunung Kidul ini mengajukan bagian pelancongan selaku salah satu bagian andalah di Gunung Kidul, mengenang area Gunung Kidul ini memiliki pandangan yang luar lazim indahnya. kini ini, Gunung Kidul jadi salah satu tujuan darmawisata yang dikejar oleh melimpah sekali pelancong, bagus dalam negeri ataupun mancanegara. serta seperjalanan atas kesuksesan bagian pelancongan di Gunung Kidul ini, melimpah berlangsung pembentukan yang cepat di area ini, alhasil Gunung Kidul ini kian maju serta enggak tertinggal atas wilayah- area di sekelilingnya. Diantara pembentukan itu yang setidaknya melimpah ialah pembentukan villa- villa ataupun hotel. apabila anda telusuri satu masing-masing satu, sehingga anda bakal mendapatkan melimpah sekali lingkungan darmawisata di Gunung Kidul ini.

Beberapa tempat wisata di gunung kidul :

Pantai Indrayanti

Gunung Kidul memang merupakan kawasan atau wilayah yang sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya. Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik membuat Gunung Kidul ini kaya akan pantai yang Indah dan berpasir putih. Bila kita telusuri sepanjang garis pantai ini, maka kita kan menjumpai banyak sekali pantai yang ada di wilayah ini. Salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul adalah pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti juga dikenal dengan nama pantai Pulang Sawal. Seperti pantai pada umumnya di Gunung Kidul, pantai Indyaranti ini memiliki hamparan pasir putih dengan laut yang berwarna biru yang jernih. Pantai Indrayanti ini merupakan salah satu tujuan wisata atau objek wisata yang telah mengalami sentuhan modern oleh tangan pemerintah berupa infrastuktur dan juga fasilitas- fasilitas untuk para wisatawan.

Di sepanjang bibir pantai Indrayanti ini kita dapat menemukan deretan restoran yangmenyajikan menu khas laut dan juga kelapa muda. Ada lagi yang akan memanjakan Anda adalah tersedianya persewaan jet sky yang dapat Anda sewa jika ingin bermain di tengah laut yang bersih ini. Selain itu di pantai Indrayanti ini juga disediakan beberapa cottage yang dapat Anda gunakan jika ingin menghabiskan waktu malam Anda di pantai ini dan menikmati keindahan malam di pantai ini. Pantai Indrayanti ini juga terkenal sebagai pantai yang roamantis dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda. Pantai Indrayanti ini beralamat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung kidul.

Pantai Baron

Tempat wisata kedua yang yang terkenal di Gunung Kidul adalah pantai Baron. Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang juga menawarkan panorama laut yang indah. Pantai Baron ini begitu dikenal di kalangan wisatawan sehingga banyak didatangi oleh para wisatawan. Pantai Baron ini begitu terkenal dengan masakan lautnya. Di pantai ini kita dapat dengan mudah menemukan aneka kuliner laut seperti lobster, ikan kakap, ikan bawal putih, tongkol, peyek undur- undur, hingga gorengan coro laut. Banyak seklai pedagang yang menjajakkan barang dagangannya di sini. Pantai Bron ini juga merupakan dermaga bagi para neayan, sehingga kita dapat menemukan pelelangan ikan di pantai ini.

Pantai Baron ini sesungguhnya merupakan sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapit pantai tersebut pada sisi sebelah kanan dan kirinya. Tidak seperti pantai di Gunung Kidul kebanyakan, pantai Baron ini memiliki pasir yang berwarna coklat dan bukan putih. Di beberapa meter dari bibir pantai kita dapat menjumpai sebuah pulau kecil yang muncul di tengah- tengah laut. Di pulau kecil itulah biasanya para wisatawan bermain dan menjemput ombak disana. Untuk dapat mencapai pulau tersebut kita dapat menyeberang laut kecil seperti sungai dengan berjalan kaki. Tempat ini akan terasa sangat mengasyikkan jika kita berkunjung ke sana beramai- ramai. Di dekat pantai Baron ini kini telah dibangun beberapa hotel yang dapat Anda gunakan jika ingin menghabiskan malam di pantai Baron ini. Untuk mencapai Pantai Baron ini tidak terlalu sulit. Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Siung

Destinasi wisata selanjutnya yang ada di Gunung Kidul yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah pantai Siung. Pantai satu ini sangat terkenal dengan arena panjat tebingnya dengan ketersediaan 250 jalur pemanjatan. Masing- masing jalur pemanjatan ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda- beda. Sehingga pas sekali bagi Anda yang hobi dengan olah raga panjat tebing dan juga bagi Anda yang menyukai tantangan. Pantai Siung ini memiliki hamparan pasir yang putih dan juga beberapa batu karang yang tersebar di sekitarnya.

Pantai Siung ini terkenal dengan batu karangnya yang berukuran raksasa. Karena adanya area untuk panjat tebing, sehingga di pantai ini seringkali ada event- event panjat tebing yang berskala nasional hingga skala internasional. Namun untuk mencapai pantai ini kita harus melewati perjalanan yang cukup menantang. Pasalnya medan jalan untuk menuju pantai ini terkadang tidak rata dan juga berkelok- kelok. Sebaiknya untuk mencapai pantai ini kita menggunakan kendaraan pribadi, yakni motor atau mobil. Sebab, tidak ada angkutan umum yang akan kita temukan di area menuju pantai ini. Pantai Siung ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Jogan

Memang Gunung kidul ini adalah kawasan yang terkenal dan kaya akan pantai, sehingga kebanyakan objek wisata yang ada di Gunung Kidul adalah berupa pantai. Salah satu pantai yang ada di Gunung Kidul selanjutya adalah Pantai Jogan. Gunung Kidul meskipun memiliki banyak seklai pantai, namun pantai di Gunung Kidul ini mempunyai ciri khasnya masing- masing, seperti halnya pantai Jogan ini. Pantai Jogan mrupakan salah satu pantai yang unik karena mempunyai air terjun yang ada di pantai tersebut. Air terjun inilah yang menjadi salah satu pesona yang dimiliki oleh pantai Jogan ini. Air terjun di pantai ini aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut Jogan. Air terjun di pantai ini memiliki ketinggian 10 meter, dan sumber air di air terjun tersebut berawal dari perbukitan karst yang ada di sekitar kawasan pantai Jogan dan inilah merupakan keistimewaan kelebihan obyek wisata di Indonesia.

Pantai Jogan ini merupakan pantai yang unik karena memiliki bentang alam yang berbeda dengan pantai umumnya di Gunung Kidul, yakni dikelilingi oleh tebing- tebing tinggi khas pegunungan kapur. Sehingga jika kita berkunjung ke pantai ini, kita akan mendapatkan berkali- kali bonus, yakni selain menikmati pemandangan yang indah, bermain dengan air pantai, kita juga dapat menikmati guyuran air terjun yang ada di pantai tersebut. Namun kita harus sangat berhati- hati jika ingin sampai ke ke bagian bawah air terjun tersebut. Pasalnya, untuk mencapai lokasi tersebut jalan yang dilewati bisa sangat licin. Untuk dapat masuk ke kawasan pantai Jogan ini kita hanya peru membayar tiket masuk sebesar tiga ribu rupiah per orang, jumlah yang fantastis murahnya untuk bisa mengeksplore pantai indah ini sepuasnya. Pantai Jogan berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Pok Tunggal

Lagi dan lagi kita bertemu dengan pantai di Gunung Kidul ini. Selanjutnya ada pantai Pok Tunggal. Pantai ini sangat terkenal dengan pemandangan pohon duras yang tumbuh di area sebelum kita memasuki wilayah pantai. Pantai Pok Tunggal ini menyuguhkan keindahan hamparan pasir putih dan juga barisan tebing yang tegak lurus dengan ketinggian tebing mencapai 40 hingga 60 meter. Pantai ini merupakan pantai yang unik, karena terdapat sumbar mata air tawar yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah yang ada di pantai ini. Dan jika kita beruntung, maka kita akan dapat menyaksikan kawanan monyet liar yang melompat di balik tebing pantai.

Di pantai yang satu ini, cara unik yang dapat kita lakukan untuk menikmati keindahan alam adalah dengan berkemah serta menikmati sunset di pantai ini. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Pok Tunggal ini dan masuk di dalamnya, kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar dua ribu per orangnya. Harga tiket mauk yang sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan kita dapatkan disana. Pantai Pok Tungga ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Air Terjun Sri Gethuk

Sejenak kita tinggalkan suasana pantai Gunung Kidul yang asri untuk melihat pemandangan lain di Gunung Kidul yang tidak kalah memesona. Salah satu objek wisata non pantai yang amat terkenal di Gunung Kidul adalah Air Terjun Sri Gethuk. Ait terjun Sri Gethuk merupakan air terjun setinggi 50 meter yang berada di antara tebing- tebing. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang letaknya tersembunyi dan merupakan air terjun di Indonesia. Untuk dapat mencapai air terjun ini kita harus melalui jalan setapak di pematang sawah yang panjangnya kira- kira ½ kilometer, dan dilanjutkan menuruni sebanyak 96 anak tangga.

Keberadaan air terjun ini merupakan wilayah yang unik karena di sekitar kawasan yang mempunyai banyak pantai. Untuk masuk ke area tempat wisata ini kita hanya perlu mengeluarkan uang tiket sebesar tiga ribu rupiah per orang. Jika kita ingin lebih cepat sampai di lokasi air terjun dengan mudah, maka kita bisa menyewa perahu tradisional atau biasa disebut dengan gethek. Untuk menyewanya, kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar lima ribu rupiah per orangnya, jumlah yang murah bukan? Air terjun Sri Gethuk ini berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung kidul.

Goa Gelatik

Objek wisata non pantai selanjutnya adalah goa. Salah satu goa yang ada di gunung kidul adalah goa Gelatik. Goa Gelatik merupakan goa yang jika kita kesana maka kita akan mudah menjumpai kumpulan stalaktit dan juga stalakmit yang tersusun rapi dan indah. Goa yang memiliki panjang sekitar 400 meter ini masih terjaga keasliannya. Jika kita ingin menyusuri goa ini sebainya kita membawa peralatan keamanan yang sekiranya diperlukan.

Goa ini merupakan goa yang rendah, sehingga saat kita memasukinya kita harus ekstra menundukkan kepala. Selain itu goa ini juga menjadi tempat hidup kelelawar sehingga kita harus lebih ekstra berhati- hati. Goa Gelatik ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung kidul.

Goa Seropan

Gunung kidul merupakan kawasan yang mempunyai banyak tebing- tebing, sehingga banyak juga terdapat Goa di sini. Selain Goa Gelatik, ada pula Goa Seropan. Goa yang satu ini seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan penyusuran goa atau caving dan juga kegiatan panjat tebing yang membuat orang semakin menguji adrenalinnya untuk berjelajar di dalam goa seropan ini..

Bagi para pencinta alam, goa ini pasti menjadi tempat yang sangat bagus dan favorit untuk di eksplore dan banyak dikunjungi oleh para pencinta alam. Goa ini berada di Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.

Goa Jomblang

Selanjutnya ada goa Jomblang. Goa Jomblang merupakan goa yang terkena;l dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Jika kita melakukan kegiatan caving di goa ini maka kita akan menemukan sebuah lorong alami yang menghubungkan antara Gia Jomblang dan juga Goa Grubug. Di titik inilah kita dapat menyaksikan stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dengan sinar matahari yang menembus kegelapan di dalam goa.

Fenomena seperti ini menghadirkan sebuah [emandangan yang indah dan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit sehingga membuat permukaan lantai goa menjadi begitu indah. Pemandangan seperti inilah yang disebut sebagai Cahaya Surgawi. Goa Jomblang ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.

Gunung Puba Nglanggeran

Selain pantai, air terjun, dan juga goa, Gunung kidul juga mempunyai tempat wisata berupa gunung. Gunung yang ada di kabupaten gunung kidul ini tergolong unik karena berupa gunung bebatuan. Gunung ini juga dikenal sebagai gunung api purba. Di atas gunung api purba ini kita dapat melihat pesona matahari terbit dan juga matahari terbenam. Dari ketinggian gunung purba ini kita juga dapat melihat gemerlap indahnya kota Jogja yang menawan hati.

Itulah beberapa objek wisata yang ada di kabupaten Gunung Kidul yang dapat kita jumpai bila kita berkunjung ke sana. Sesungguhnya selain objek wisata di atas masih banyak sekali objek wisata yang akan kita jumpai. Gunung Kidul adalah daerah yang sangat indah yang patut kita eksplore dan mempunyai banyak sekali potensi keindahan alam yang patut dikembangkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Rahayu Padmi Andriani

Rahayu Padmi AndrianiInfuriatingly humble zombie trailblazer. Food lover. Twitter scholar. Professional travel fanatic. Pop culture guru. Communicator.